Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unissula merupakan Fakultas Kedokteran Gigi Pertama dan terbaik di Jawa Tengah. FKG Unissula didirikan pada tanggal 19 Mei 2008 dan telah terakreditasi B melalui Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi (LAM-PT) Kesehatan, melalui keputusan LAM PTKes–BAN PT No: 070/SK/BANPT/Akred/PDGI/II/2015 tertanggal 28 Februari 2015.

FKG Unissula memiliki visi menjadi Fakultas Kedokteran Gigi terkemuka di Indonesia dalam menghasilkan dokter gigi profesional sebagai bagian dari generasi khaira ummahberdasarkan nilai-nilai Islam pada tahun 2025. FKG menyusun rencana strategis 2011-2020 prodi Pendidikan Dokter Gigi dengan 11 isu pengembangan strategis, yakni ilmu pengetahuan, teknologi, penelitian, dan sumber daya insani.

FKG Unissula berkomitmen untuk memenuhi tingginya ekspektasi masyarakat terhadap layanan pendidikan kedokteran gigi yang berkualitas. Secara akademik, di FKG memiliki ilektif program yang berbeda dari yang lainnya. Kemudian untuk menggambarkan ciri khas Unissula, maka sudah dilakukan integrasi modul-modul pembelajaran dengan dalil-dalil terkait. Misinya adalah menghasilkan generasi khaira ummahyang mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran gigi, menjunjung tinggi etika profesi, menguasai nilai-nilai dasar Islam dan Islam untuk disiplin ilmu Kedokteran Gigi, bahasa Inggris, IT, kewirausahaan, dan siap melaksanakan tugas kepemimpinan dan dakwah.

Dengan adanya visi sebagai fakultas terkemuka di Indonesia, maka pihak fakultas membentuk jamaah pendidik yang mempunyai kualitas kepakaran di bidang kedokteran gigi dengan standar tinggi dan kesetaraan universal. Juga menjunjung tinggi etika profesi Kedokteran Gigi, menguasai nilai-nilai Islam dan Islam disiplin Ilmu Kedokteran Gigi, melaksanakan tugas kependidikan dengan konsisten, dan mengembangkan IPTEK, serta kepemimpinan dan dakwah.

Mahasiswa FKG Unissula senantiasa diberikan pengajaran terbaik di bidang kedokteran gigi yang dilandasi dengan nilai-nilai Islam dan berstandar internasional. Mahasiswa juga didorong melaksanakan dan mengembangkan penelitian dan publikasi ilmiah dengan kualitas terbaik sesuai dengan Islam disiplin ilmu, dalam rangka pengembangan ilmu Kedokteran Gigi. Untuk mempertajam penguasaan ilmu dibidang kedokteran gigi para mahasiswa Kedokteran Gigi Unissula juga dapat mengikuti Co Ass di berbagai Rumah Sakit universitas mitra di luar negeri seperti di Jepang dan Korea Selatan.